Aini Stirman, Mahasiswa Teknik Elektro UAI meraih Best Presentation di International Conference of Product Semantics 2022, Taiwan

Aini Nur Rachimah Stirman, mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2020, berhasil memperoleh “Best Presentation” pada International Paper Conference Product Semantics 2022 yang diselenggarakan oleh Asia University, Taichung, Taiwan pada tanggal 7 Juni 2022 pukul 1.00 PM waktu Taiwan. Acara ini diselenggarakan secara virtual online Ms Teams. Acara Conference ini juga merupakan bentuk dari final exam Mata Kuliah Product Semantics yang diikuti oleh mahasiswa. Pada kegiatan ini, beberapa artikel ilmiah diseleksi untuk dipublikasi oleh reviewer dan beberapa 4 juri yakni 2 orang dari Taiwan dan 2 dari Indonesia, Assoc. Prof Chi-Wen Lung dan Lecturer Wei Cheng-Shen, Asst. Prof Peter Ardhianto dan Asst. Prof Fahni Harris. Acara ini di-moderatori oleh Asst. Prof Yori Pusparani.

Pada international conference ini, diberikan penghargaan kepada paper terbaik dan presenter terbaik dari seluruh peserta conference. Presenter Terbaik diberikan kepada Aini Nur Rachimah Stirman, mahasiswa Prodi Teknik Elektro, FST, Universitas Al Azhar Indonesia.

Paper yang dipresentasikan oleh Aini berjudul Sustainable Development of Semantic Vacuum Cleaner Products by Adding Bluetooth Features to Consumer Products berisi tentang pengembangan desain produk baru yang berkelanjutan yakni vacuum cleaner dengan fitur baru yaitu penyedot debu senyap yang dapat mendengarkan musik yang terhubung ke perangkat Bluetooth. Dengan menambahkan fitur Bluetooth, suara mesin akan diredam dan diganti dengan suara musik yang bisa disambungkan ke aplikasi musik via bluetooth. Penelitian ini mengangkat hasil kuesioner tentang persepsi pelanggan/pengguna penyedot debu yang merasa terganggu saat menggunakan penyedot debu. Hasilnya menunjukkan bahwa banyak pelanggan mendukung pembuatan penyedot debu dengan fitur bluetooth bawaan.

Presentasi Paper berjudul Sustainable Development of Semantic Vacuum Cleaner Products by Adding Bluetooth Features to Consumer Products
Penyerahan penghargaan Best Presenter kepada Aini Stirman, di International Conference Product Semantic 2022.