South-East Asia Regional (SEAR) Youth Town Hall 2019


Mahasiswi Teknik Elektro UAI (Mutia Fatmawati)

Mahasiswi Teknik Elektro UAI (Mutia Fatmawati) angkatan 2016 terpilih sebagai salah satu perwakilan mahasiswi Indonesia untuk mengikuti kegiatan South-East Asia Region Youth Town Hall pada tanggal 20-21 Maret 2019. Acara ini diadakan oleh WHO (World Health Organization) Internasional bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI di Balai Kartini, Jakarta. Hadir juga perwakilan pemuda dari 10 negara Asia Tenggara untuk sama-sama berdialog aktif bagaimana seharusnya peran pemuda untuk pembangunan kesehatan dan teknologi di Indonesia.

Dalam rangakain acara ini, hadir juga Menteri Kesehatan RI, Menteri Keuangan RI, Menteri Luar Negeri RI, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Menko PMK. Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan Youth Town Hall dalam rangka meningkatkan kesadaran remaja pada kesehatan. Youth Town Hall bertujuan di antaranya untuk memahami prioritas kebutuhan kesehatan yang dirasakan kaum muda, dan memahami harapan kaum muda dari berbagai sudut pandang, termasuk kaum muda dari komunitas yang rentan dan terpinggirkan.

Kaum muda saat ini memiliki kesempatan untuk menjadikan tujuan mencapai bonus demografi menjadi kenyataan. Kaum muda merupakan bagian terbesar dari populasi di negara-negara berkembang, seperti yang juga terjadi di wilayah Asia Tenggara (South-East Asia Region/SEAR).


South-East Asia Region Youth Town Hall

Forum ini akan diikuti oleh 950 anak muda Indonesia dan 40 anak muda dari 10 negara di kawasan Asia Tenggara (Thailand, Myanmar, Bangladesh, India, Nepal, Srilanka, Indonesia, Timor Leste, Maldives, dan Butan). Mereka dipilih untuk mewakili keterlibatan anak muda dalam masyarakat sipil, badan pemerintah, akademisi, sektor bisnis, dan media, yang relevan dengan pembangunan kesehatan.