Prodi Teknik Elektro memberikan kepada mahasiswa bekal pengetahuan dan ketrampilan dalam aplikasi analisa dan disain rangkaian, pemrograman komputer dan perangkat lunak, elektronika analog dan digital, mikrokomputer dan standar bidang rekayasa pada pengembangan, pengujian dan pengelolaan sistem bidang teknik elektro.

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan suatu keniscayaan. Hampir semua bangsa di dunia berusaha memperkuat program ekonomi mereka dengan mengembangkan sumber daya manusia dan infrastruktur untuk memperkuat program penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dunia secara perlahan-lahan bergerak dari neoclassical economy yang berbasis pada labor dan modal menuju ke arah ekonomi berbasis ilmu pengetahuan (knowledge-based economy) dimana ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, intellectual capital, dan human capital memegang peranan penting untuk menggerakkan ekonomi.

Untuk turut mendukung hal tersebut, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia menawarkan Program Studi Teknik Elektro yang sangat dibutuhkan pasar saat ini yaitu tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kebutuhan energi, dan perkembangan dunia manufaktur. Saat ini Program studi Teknik Elektro merupakan program studi unggulan UAI yang telah terakreditasi dengan nilai Baik dari BAN PT.

KEUNGGULAN

  1. Penghargaan tahun 2009 untuk 60 besar Perguruan Tinggi se-Indonesia dalam Implementasi Penjaminan Mutu (Quality Assurance).
  2. UAI meraih 5 besar PTS Unggulan kategori SDM
  3. Kemitraan yang luas dengan Dunia Industri
  4. Program Studi Akreditasi B (Baik)
  5. Peminatan Telekomunikasi Optik dan Mekatronik, yang umumnya merupakan materi peminatan tingkat Postgraduate (S2 atau S3) bidang elektro.
  6. Kekeluargaan yang erat antara Mahasiswa, Dosen dan Alumni, serta keaktifan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro UAI dalam berbagai event nasional maupun Internasional.
  7. Pengembangan Alumni UAI bekerjasama dengan Ikatan Alumni UAI dan Ikatan Alumni Teknik Elektro dan JobsDB dalam perekrutan tenaga kerja.