PENYUSUNAN KURIKULUM 2013
PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS AL AZHAR INDONESIA
Kurikulum 2013 S1 Prodi Teknik Elektro UAI dikembangkan dengan berbasis kompetensi (competence and outcome based). Karena itu tahap pertama pada pembentukan kurikulum adalah menentukan capaian yang diharapkan dan kompetensi yang ingin dibentuk.
I. VISI DAN MISI PROGRAM STUDI
Visi dan Misi Prodi diturunkan dari visi-misi Universitas dan Fakultas
a. Visi
Menjadi program studi Teknik Elektro terkemuka dalam bidang telekomunikasi dan mekatronika yang bermartabat dan berlandaskan nilai-nilai Islami.
b. Misi
i. Menyelenggarakan
Pendidikan
Sarjana Teknik Elektro dalam bidang telekomunikasi dan mekatronika yang
berdaya
saing global dan Islami.
ii. Melakukan
penelitian dan
pengabdian masyarakat yang inovatif dalam bidang telekomunikasi dan
mekatronika
untuk membangun SDM yang professional dan sejahtera.
iii. Menjalin
dan mengembangkan
jaringan kemitraan dengan institusi yang terkait dalam bidang
telekomunikasi
dan mekatronika.
II. PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN
Profil Lulusan
Lulusan Prodi Teknik Elektro UAI program ini bekerja pada berbagai jenis perusahaan industri dalam jangka waktu rata-rata kurang dari 6 bulan setelah lulus.
Beberapa diantaranya bahkan telah bekerja sebelum lulus. Sebagian besar lulusan terlibat dalam industri TIK, nasional dan internasional. Sebagian lainnya berkarya dalam industri tenaga listrik, elektronika pertambangan, transportasi, biomedik dan industri lain terkait. Beberapa alumni berkontribusi pada masyarakat sebagai wirausaha mandiri tingkat menengah dan kecil.
Beberapa bidang pekerjaan yang cocok untuk program ini adalah Perekayasa Jaringan Radio (RF Engineer), Perekayasa Transmisi Optik (Optical Transmission Engineer), Perekayasa Elektroteknik (Electrical Engineer), Perekayasa Sistem Mekatroniks (Mechatronics Engineer), Perekayasa Elektronik (Electronics Engineer), Perekayasa IT (IT Engineer).
Hal tersebut dilakukan melalui penyiapan sarjana teknik elektro dengan memantapkan dasar elektroteknik umum dan mengarahkan pada bidang telekomunikasi dan
mekatronika sebagai pembekalan keahlian.
Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan sangat terkait dengan 5 elemen kompetensi berdasarkan SK Kepmendiknas No.045/U/2002. Kelima elemen kompetensi tersebut adalah :
(a) landasan kepribadian (MPK),
(b) penguasaan ilmu dan keterampilan (MKK),
(c) kemampuan berkarya (MKB),
(d) sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai (MPB),
(e) pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya (MBB).
Berdasarkan profil lulusan yang diharapkan, dirumuskan Kompetensi Lulusan sebagai tujuan proses pendidikan. Untuk itu digunakan berbagai acuan dan bahan, yaitu visi dan misi lembaga, Kepmendiknas, PII, ABET. Benchmarking dilakukan terhadap ITB, UI, UGM, ITS, UNDIP, Stanford Univ., U-Twente.
Kelompok |
No |
|
|
Rumusan |
|
|
|
Elemen |
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Kompetensi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MPK |
MKK |
MKB |
MPB |
MBB |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
U1 |
Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam |
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
aplikasi |
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
komputer |
|
x |
x |
x |
|
||||||||||
|
|
digital, |
|
|
|||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
pada |
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
sistem |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
U2 |
Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam |
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
aplikasi |
sains |
pada |
bidang |
teknik |
elektro |
|
x |
|
x |
|
|||||
|
|
menggunakan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Kompetensi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
U3 |
Memiliki |
kemampuan |
untuk melakukan |
analisa, |
|
|
|
|
|
||||||||
Utama |
|
perancangan |
|
dan |
|
implementasi |
|
sistem |
|
|
x |
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
telekomunikasi, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
U4 |
Memiliki |
kemampuan |
untuk |
mengaplikasikan |
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
berbagai |
|
|
x |
x |
|
||||||||||
|
|
elektro. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
U5 |
Memiliki |
kemampuan |
|
untuk |
menggunakan |
|
|
|
|
|
||||||
|
|
statistik/probabilitas, |
|
metoda |
transformasi, |
x |
|
x |
|
|
|||||||
|
|
matematika diskrit dan persamaan diferensial |
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
sebagai |
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
P1 |
Memahami |
dan |
mengamalkan |
nilai-nilai |
Islam |
x |
x |
|
|
|
||||||
|
|
universal |
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
P2 |
Memahami |
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
kepemimpinan, |
termasuk |
dalam |
pekerjaan |
x |
x |
|
x |
|
|||||||
|
|
keinsinyuran. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
P3 |
Memiliki |
dasar Kewirausahaan |
yang |
cukup |
dan |
x |
|
|
x |
x |
||||||
Kompetensi |
|
wawasan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendukung |
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
P4 |
Memiliki |
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
manajemen |
atas diri |
sendiri |
serta |
mampu |
x |
x |
|
|
x |
||||||
|
|
mengembangkan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
P5 |
Memanfaatkan |
IT |
dan |
mengelola |
|
informasi |
|
x |
x |
x |
x |
|||||
|
|
keinsinyuran. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
P6 |
Mampu |
berkomunikasi |
dengan |
efektif |
dalam 2 |
x |
x |
x |
|
x |
||||||
|
|
bahasa. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No |
Rumusan |
Elemen |
|||||
|
|
|
|
|
|||
Kompetensi |
|
|
|
|
|
||
|
|
MPK |
MKK |
MKB |
MPB |
MBB |
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
L1 |
Mampu |
x |
x |
x |
x |
x |
|
|
serta |
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
L2 |
Memiliki |
|
x |
x |
x |
x |
Kompetensi |
|
teknik |
|
||||
|
|
|
|
|
|
||
Lainnya |
|
|
|
|
|
|
|
L3 |
Memiliki |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
dan kesadaran untuk melakukan inovasi dalam |
|
x |
x |
x |
x |
|
|
segala bidang terutama untuk meningkatkan |
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pertumbuhan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. PETA KOMPETENSI DENGAN MATA KULIAH
Kelompok kompetensi lulusan terdiri dari kompetensi utama (U), kompetensi pendukung (P), dan kompetensi lainnya (L).
|
|
|
Elemen |
|
|
|
Kelompok |
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
Kompet |
U |
U |
U |
U |
U |
P |
P |
P |
P |
P |
|
P |
L |
L |
L |
|
Nama |
SKS |
ensi |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
6 |
1 |
2 |
3 |
Semester |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Introduction |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Engineering |
2 |
MKB |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
x |
x |
2 |
Fisika |
3 |
MKK |
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Kalkulus |
4 |
MKK |
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Kimia |
3 |
MKK |
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Dasar |
2 |
MKK |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
6 |
Praktikum |
1 |
MKK |
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
7 |
Bahasa |
2 |
MPK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
8 |
Agama |
3 |
MPK |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Pengantar |
2 |
MPK |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Kalkulus |
4 |
MKK |
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Fisika |
3 |
MKK |
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Kimia |
3 |
MKK |
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Praktikum |
1 |
MKK |
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
6 |
Matematika |
3 |
MKB |
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Rangkaian |
2 |
MKB |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Praktikum |
1 |
MKB |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
Semester |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Probabilitas |
2 |
MKB |
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Teknik |
3 |
MKB |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Matematika |
3 |
MKB |
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Rangkaian |
3 |
MKB |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar |
|
|
|
||
No |
Kode |
Mata |
SKS |
Kel. |
|
1 |
EL |
Microwave |
2 |
MPB |
|
2 |
EL |
Sistem |
2 |
MPB |
|
3 |
EL |
Antena |
2 |
MPB |
|
4 |
EL |
Software |
2 |
MPB |
|
5 |
EL |
Komunikasi |
2 |
MPB |
|
6 |
EL |
Bisnis |
2 |
MPB |
|
7 |
EL |
Jaringan |
3 |
MPB |
|
8 |
EL |
Robotika |
2 |
MPB |
Total |
9 |
EL |
VHDL |
2 |
MPB |
19 |
Daftar |
|
|
|
||
1 |
TI |
Manajemen |
3 |
MPB |
|
2 |
TI |
Manajemen |
3 |
MPB |
|
3 |
TI |
Manajemen |
3 |
MPB |
|
4 |
TI |
Manajemen |
3 |
MPB |
|
5 |
TI |
Sistem |
3 |
MPB |
|
6 |
TI |
Ketrampilan |
3 |
MPB |
|
7 |
TI |
CAD/CAM |
3 |
MPB |
|
8 |
TI |
Sistem |
3 |
MPB |
|
9 |
TI |
Pengembangan |
3 |
MPB |
|
10 |
IF |
Pengenalan |
3 |
MPB |
|
11 |
IF |
Pengolahan |
3 |
MPB |
|
12 |
IF |
Applied |
3 |
MPB |
|
13 |
IF |
Computer |
3 |
MPB |
|
IF |
Pemrograman |
3 |
MPB |
Total |
|
15 |
IF |
Algoritma |
2 |
MPB |
44 |
|
Jumlah |
SKS |
|
|
|
Mata |
8 |
20 |
|
|
|
Fakultas |
12 |
30 |
|
|
|
Prodi |
26 |
63 |
|
|
|
Prodi |
8 |
22 |
|
|
|
Prodi |
4 |
9 |
|
|
|
Total |
58 |
144 |
|
|
|