Pandemi COVID-19, UAI Lantik Lebih dari 700 Mahasiswa Secara Daring

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) baru saja selesai melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan resmi melantik lebih dari 700 mahasiswa secara daring. Kegiatan PKKMB dilaksanakan selama empat hari mulai dari Senin (13/09) hingga Kamis (16/09) lalu sedangkan pelantikan mahasiswa baru dilangsungkan pada Sabtu (18/09) secara virtual menggunakan Zoom Meeting.

Kondisi pandemi COVID-19 mengharuskan seluruh aktivitas dilaksanakan dari rumah, termasuk acara pelantikan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UAI. Para mahasiswa akan dilantik oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. melalui sidang terbuka senat universitas. Dalam acara pelantikan ini turut dihadiri oleh Pembina Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA), Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH yang memberikan sambutan secara khidmat kepada seluruh audiens yang hadir.

“Sebagai mahasiswa baru dan generasi muda yang terdampak pandemi COVID-19, tentu harus konsisten ditanamkan semangat yang tinggi akan belajar dan mendalami pengetahuan baru. Sehingga nantinya dapat bersaing di kancah yang lebih besar kedepannya.” Kata Prof. Asep yang juga guru besar statistika ini.

PKKMB 2021 dibuka dengan sambutan dari Rektor UAI, Prof. Dr. Asep Saefuddin, M.Sc, dan dilanjutkan oleh Pembina YPIA, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH. Seluruh jajaran senat Universitas mulai dari Wakil Rektor UAI, Dekan fakultas, dan pimpinan turut hadir dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tentu ini menjadi bukti nyata UAI dalam mendukung program pemerintah dalam mencapai Indonesia yang sehat dan bebas dari COVID-19.

Saat ini, PKKMB mengusung tema GEN-FAST yang tentunya mahasiswa baru diharapkan dapat menanamkan sifat fatonah, amanah, siddiq, dan tabligh seperti yang ditanamkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kegiatan yang dilakukan selama PKKMB berlangsung terdiri dari materi Universitas, Entrepreneur dimasa Pandemi, Motivasi Belajar, Basic Mentality, The Power Istighfar, Pendidikan Masa Pandemi, dan masih banyak lagi.

Pelantikan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 berlangsung secara khidmat walaupun situasi masih terbatas pada ruang virtual. Pengucapan Isi Teks Janji Mahasiswa, Isi Teks Deklarasi Mahasiswa mengenai Anti Teroris dan Radikalisme serta Anti Korupsi juga turut disampaikan agar mahasiswa baru di lingkungan UAI dapat terhindar dari hal negatif tersebut. Video Rumah Kreatif Al Azhar Yasmin Bogor juga ditayangkan agar mahasiswa baru mengetahui seperti apa kegiatan pengabdian di tengah masyarakat.

Semoga dengan terlaksananya pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru di Universitas Al-Azhar Indonesia ini tidak hanya berfokus pada motivasi, pendidikan ataupun pengabdian kepada masyarakat saja. Tetapi menjadi landasan pemahaman bagi para generasi muda pencetus kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

The post Pandemi COVID-19, UAI Lantik Lebih dari 700 Mahasiswa Secara Daring appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.