Mengenalkan Open Science kepada Mahasiswa UAI Bersama Kevin L.Ladd

Jakarta (20/09) – Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) mendapat kehormatan dengan kedatangan Kevin L.Ladd, PhD., Professor of Psychology di Indiana University South Bend dan former pastor of United Methodist and Presbyterian (PCUSA) congregations dalam kuliah umum yang dilaksanakan pada Kamis, 19 September 2019 di Auditorium Arifin Panigoro Lt.3 Universitas Al Azhar Indonesia. Beliau menjelaskan mengenai konsep open science, registered reports, serta scientific publication agar dapat lebih berkembang dan diterapkan di Indonesia.

Open science atau sains terbuka merupakan sebuah gerakan untuk membuat riset penelitian yang bersifat saintifik menjadi transparan serta dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat. Selain itu, open science menyiratkan ilmu pengetahuan yang dapat dikembangkan bersama melalui jaringan kolaboratif. Konsep yang diterapkan dalam open science antaranya ialah open data dan open materials. Dalam open science, terdapat berbagai challenges, diantaranya credibility, clarity, relevance, dan reproducibility. Tak ketinggalan, beliau juga mengenalkan APA Style Jars, yaitu seperangkat pedoman yang dirancang untuk penulis jurnal, pengulas, dan editor artikel jurnal.

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kevin L.Ladd, PhD. Acara ini dihadiri oleh peserta dari program studi terkait, antara lain Program Studi Bioteknologi dan Program Studi Psikologi. Kuliah umum ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi para mahasiswa agar dapat lebih mengenal, mengembangkan, dan menerapkan open science di Indonesia. Sehingga, masyarakat lain, baik peneliti profesional maupun pemula dapat mengakses penelitian dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.