34 Mahasiswa Berprestasi UAI Menerima beasiswa dari YBM PLN

Jakarta Selatan, 14 Agustus 2020

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Yayasan Baitul Maal (YBM PLN) bekerjasama dengan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)  memberikan bantuan beasiswa kepada 34 mahasiswa berprestasi  UAI melalui program Beasiswa Cahaya Pintar YBM PLN. Program penyerahan Beasiswa Cahaya Pintar ini dilaksanakan secara vertual pada hari Jumat, 14 Agustus 2020.

Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. dan Bapak Herry Hasanuddin, selaku Ketua III Bidang Koordinasi Unit dan Kerjasama Strategis Yayasan Baitul Maal PT.PLN.  Momen seremonial ini disaksikan oleh para Wakil Rektor, Dekan, dan Direktorat terkait serta beberapa undangan.

Dalam sambutannya Prof. Asep Saefuddin menyampaikan  terima kasih yang sebesar-besarnya kepada YBM PLN dan mengapresiasi kepedulian YBM PLN terhadap pendidikan di Indonesia, terutama di UAI. Lebih lanjut Prof. Asep Saefuddin menambahkan, betapa krusialnya menjadi orang yang mempunyai keinginan kuat dan berbagi pelajaran hidup yang dapat diimplementasikan oleh mahasiswa melalui huruf hidup, A I U E O. “Kita harus mengingat firman Allah SWT, Sesugguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri.

Jajaran manajemen UAI akan selalu membantu mahasiswa yang kesulitan, namun hanya diri kalian sendiri lah yang bisa mengubah nasib kalian dengan keinginan kalian,” tutur Prof. Asep Saefuddin. “Dalam hidup kita mengenal huruf hidup A I U E O, masing-masing dari huruf ini mempunyai makna, A itu acceptance, yang berarti kita harus bersyukur dengan keadaan, I adalah integrity, yang bermakna kita harus mempunyai integritas dan jujur. U adalah urgency, mahasiswa tidak boleh menunda kewajibannya, E, enthusiasm, kita perlu menjalani pekerjaan dengan antusiasme dan O adalah optimism¸ kita juga perlu menjalani hidup dengan optimisme yang tinggi,” tambah Prof. Asep Saefuddin.

Dalam sambutan balasan, Bapak Herry Hasanuddin mengutarakan bahwa YBM PLN senang dapat bersilahturahmi dan dapat membantu mahasiswa UAI.  Bapak Herry menggarisbawahi pentingnya bersinergi dan saling bahu membahu ditengah pandemi ini, sembari menandaskan pentingnya memberikan kesempatan yang sama bagi mahasiswa dhuafa untuk mengenyam pendidikan tinggi selayaknya mahasiswa yang mampu.

Selaras dengan yang disampaikan Prof. Asep, Bapak Herry menyerukan mahasiswa walaupun sudah diberikan beasiswa, keputusan untuk merubah peruntungan mereka hanya dapat dilakukan oleh mereka sendiri. Di akhir sambutannya, Bapak Herry menyatakan YBM PLN selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan UAI untuk membantu pendidikan dan kondisi sosial masyarakat di Indonesia.

Sebagai rasa syukur terselenggaranya program ini disampaikan kesan dan pesan dari beberapa mahasiswa penerima beasiswa;  Dary Zhafran (Program Studi Teknik Elektro), Nanda Aditya Pangestu (Program Studi Ilmu Komunikasi) dan Putri Aulia Diani (Program Studi PG Paud) mewakili 34 mahasiswa penerima beasiswa YBM PLN, untuk menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada YBM PLN dan UAI atas bantuan biaya pendidikannya sehingga mereka masih bisa menuntut pendidikan tinggi di UAI.

Dary, Nanda dan Putri sangat berterima kasih bisa menjadi  bagian dari penerima beasiswa YBM PLN yang  tidak hanya meringankan kondisi finansial keluarga mereka, namun juga meningkatkan motivasi  untuk menempuh pendidikan tinggi di tengah pandemi Covid-19.

Harapan ketiga mahasiswa, YBM PLN semakin berkembang dan program kerjasama antara UAI dan YBM PLN semakin meningkat, sehingga dapat membantu mahasiswa dhuafa lainnya. Kesan dan pesan Dary, Nanda dan Putri pastinya akan terpatri dalam benak YBM PLN dan UAI serta merangsang YBM PLN dan UAI agar senantiasa memajukan kondisi sosial dan pendidikan Indonesia.

Wassalamualaiakum Warahmatullah Wabarakatuh