Alhamdulillah UAI Berhasil Lolos MONEV PKM Dikti Tahun 2017

PKM merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), sebagai ruang kreasi bagi para mahasiswa yang memiliki minat, bakat, dan keragaman intelektual. Menteri Riset dan Teknologi KM-ITB, Steve Yudea (Fisika 2010), menjelaskan bahwa PKM terbagi kedalam tujuh kategori meliputi kategori teknologi, pengabdian masyarakat, karsa cipta, wirausaha, penelitian, artikel ilmiah, dan gagasan tertulis. “Secara garis besar, program seleksi PKM dimulai dengan seleksi proposal dimana proposal yang memenuhi standarisasi panitia PKM akan diberi bantuan dana dan berhak mengikuti seleksi monitoring dan evaluasi dari panitia PKM. Setelah berhasil melalui tahapan evaluasi dan monitoring, peserta mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi nasional, dan diharuskan mempresentasikan hasil karya mereka guna memperebutkan mendali poster dan mendali presentasi,” tutur Steve dalam sosialisasi tersebut. Pada akhir tahun 2016 Unversitas Al Azhar indonesia mengirimkan sebanyak  17 judul proposal PKM ke Kemenristek dikti. Alhamdulillah Universitas Al Azhar Indonesia berhasil meloloskan proposal sebanyak 2 tim yang akan di danai. Kedua tim ini berasal dari jurusan Teknik Elektro dan Teknik Bioteknologi , kedua tim ini berhasil meloloskan PKM pada bidang Karsa Cipta dengan judul “Alat Pendeteksi Boraks Dan Formalin Pagi Penyandang Tunanetra” dan “Prototipe Laserpuntur Stimulan Masa Estrus Pada Kucing“. Berikut dokumentasi saat melakukan presentasi monev PKM  pada hari  Senin 17 Juli 2017 di Universitas Negeri Jakarta.

        

Gambar 1                                                                              Gambar 2                                                                            Gambar 3

ket :

gambar 1.  Saat Tim 1 dengan judul “Prototipe Laserpuntur Stimulan Masa Estrus Pada Kucing” melakukan presentasi.

gambar 2.  Saat Tim 2 dengan judul “Alat Pendeteksi Boraks Dan Formalin Pagi Penyandang Tunanetra” melakukan presentasi.

gambar 3.  Saat semua tim berfoto bersama setelah melakukan presentasi PKM.