ROBOT AL AZHAR BERLAGA DI KONTES ROBOT INDONESIA (KRI) 2018

 

 

Sekilas Tentang KRI 2018

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 adalah ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kontes Robot Indonesia ini diikuti oleh tim mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang tercatat di Kemenristekdikti. Pada tahun ini, KRI 2018 terdiri dari 5 (lima) kategori, yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.

KRI 2018 dilaksanakan bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Kontes Tingkat Regional dan Kontes Tingkat Nasional. Kontes Tingkat Regional akan diselenggarakan pada 4 (empat) wilayah Regional. Tim terbaik pada Kontes Tingkat Regional akan ikut serta dalam Kontes Tingkat Nasional di Surabaya. Juara pertama KRPAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2019 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Keikutsertaan Tim Robotik Universitas Al Azhar Indonesia

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang tercatat di Kemenristekdikti, Universitas Al Azhar Indonesia mengirimkan satu tim robotik yang terdiri dari dua mahasiswa yaitu Indrawan Arifianto (Teknik Elektro 2105) dan Robi Darwis (Teknik Elektro 2015) dengan dosen pembimbing yaitu Anwar Mujadin (Dosen Tetap Teknik Elektro).

Tim Robotik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) mengirimkan perwakilannya pada kategori KRPAI atau Robot Pemadam Api Berkaki. Sebelumnya tim ini telah berhasil lolos di tahap 1 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2018 dan lolos seleksi tahap 2 pada bulan Maret 2018. Oleh karena itu Tim Robotik UAI mengikuti Kontes Robot Indonesia tingkat regional yang diikuti oleh 35 tim yang lolos pada tahap 1 dan 2 pada tanggal 10-11 Mei.

Kontes Robotik Indonesia tingkat regional ini diselenggarakan di Universitas Tarumanegara selama 3 hari. Sebelum mengikuti pertandingan, para peserta diwajibkan mengikuti serangkaian acara mulai dari Technical Meeting, Running Test (pengujian robot) yang terdiri dari tiga tahap. Tahapan ini juga akan menentukan apakah tim tim robot dapat lolos dan diikut sertakan dalam pertandingan pada hari sabtu.

Dari semua peserta KRPAI (Robot Pemadam Api) hanya sekitar 25 tim yang diikutsertakan untuk bertanding termasuk didalamnya tim robotik UAI. Sampai pada babak akhir, hanya ada satu robot yang berhasil memadamkan api. Meskipun tim robotic UAI masih belum berhasil memadamkan api dengan baik, namun tim robotik UAI terpilih sebagai nominasi desain robot terbaik. Sebagai “pendatang baru” di kompetisi KRPAI ini.

Sebelumnya tim Robotik UAI pernah berlaga di kategori Robot Terbang pada KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia) yang juga diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Pada tahun 2014, Robot Terbang UAI dengan nama “Elang Jingga Flying Wings” berhasil lolos sebagai finalis di KRTI 2014.

Kontes Robot Indonesia ini sangat memicu minat dan bakat mahasiswa dan tentunya menjadi ajang yang baik untuk melatih dan menuangkan kreatifitas dalam merancang produk elektronika dalam bentuk robot. Saat ini tim robotik Universitas Al Azhar Indonesia sedang mempersiapkan rancangan robot yang akan diikutsertakan pada Kontes Robot Terbang Indonesia pada bulan juni mendatang.