ORDE INSANI Sebagai Pengembangan Diri Mahasiswa/i UAI

     Orde insani pada pembentukannya didasari optimisme melihat peluang Indonesia menjadi maju di tahun 2045, dikarenakan Indonesia mendapat bonus demografi. Namun sekaligus prihatin karena ternyata faktor penghambat terbesar adalah kualitas SDM Indonesia. Bedasarkan pemikiran tersebut pendiri Orde Insani, Bapak Herianto Pribadi atau akrab disapa Pak Heri yang sekaligus Direktur PT. Advantic Consulting dan sebagai ketua Yayasan Orde Insani (YOI) yang terinspirasi oleh gerakan perbaikan pendidikan di Skandinavia.

     Indonesia pernah memiliki Orde lama, orde baru dan orde reformasi. Orde Insani mencerminkan harapan bahwa suatu saat faktor yg menjadi keunggulan Indonesia adalah SDMnya, bukan kekayaan alam, bukan sistem politik dll. Orde Insani dimulai untuk yang Batch 1 di Universitas Al-Azhar Indonesia pada Febuari 2016. Hingga kini di UAI sudah batch 3. Telah dibuka juga Batch 1 di Universitas Indonesia. Karena Visinya orde Insani ingin dibuka di seluruh Universitas dan SMA di seluruh Indonesia. Namun tentu saja perlu penahapan yg matang. 2 tahun pertama di UAI dan UI ini adalah tahap piloting.

Empat Manfaat Unggulan Orde Insani Bagi Peserta :

  1. LEARN FROM THE MASTER

Belajar langsung dari Master di bidangnya seperti CEOs, Entrepreneurs, dan Top Profesional lainnya

  1. BUILD GROWTH MINDSET

Dilatih untuk memiliki Growth Mindset dan siap untuk bersaing dalam segala tantangan

  1. MAKE A COMMUNITY

Bergabung dengan komunitas yang dapat membantu perjalanan Karier dan Profesional

  1. CREATE OPPORTUNITIES

Memiliki direct akses internship dan kerja praktek serta privilege direkrut oleh berbagai perusahaan ternama.

“Orde Insani bercita-cita untuk mengembangkan dan menggerakkan Empu Empu Modern Indonesia untuk berjuang memajukan Indonesia menjadi negara yang kompetitif dalam kancah tatanan global yang dinamis”

Orde Insani memberikan fundamental dengan memberikan framework pengembangan diri dan memonitor perkembangan peserta selama 10 tahun mental pengembangan diri bagi siswanya yg berguna seumur hidup.

Orde Insani memberikan pemahaman pada dalam kelas dan luar kelas :

  • Adapun materi secara keseluruhan :Terkait ekspektasi yang akan di dapatkan selama mengikuti kegiatan Orde Insani dan Pentingnya Values di dalam growth Engine (Peserta) serta diberikan Long Term Goal Planning (LTGP) dimana kertas LTGP peserta dapat menuangkan semua mimpi berskala. Waktu dekat, jangka pendek, dan jangka panjang.
  • Memberikan pemahaman terkait pentingnya memiliki Exposure di dalam growth Engine (Peserta) untuk pencapaian tujuan setiap peserta, Inspiration Talk: “Success in Professional Life: From Start to Success“. Materi Exposure dan Simulation Professional & Entrepreneural Choice
  • Memberikan pemahaman terkait pentingnya memiliki Network di dalam growth Engine untuk pencapaian tujuan setiap peserta berikut dengan simulasi networking. Agar peserta mengetahui jenis network apa saja yang perlu di bentuk untuk mencapai aspirasi dan mengetahui bagaimana cara membentuk network yang baik.
  • Memberikan pemahaman terkait pentingnya memiliki kemapuan problem solving di dalam growth Engine untuk pencapaian tujuan setiap peserta berikut dengan simulasi. Pencapaiannya pada pertemuan tersebut agar peserta mengetahui bagaimana cara melakukan tahapan problem solving yang benar.
  • Memberikan Inspirasi untuk dapat terus berkembang serta pemahaman terkait pentingnya memiliki leadership di dalam growth Engine untuk pencapaian tujuan setiap peserta.
  • Mencoba mengaplikasikan Values – Competency – Exposure – Network di dalam pencapaian aspirasi setiap peserta dalam bentuk Mastery Project. Peserta diberikan waktu 1 bulan untuk pengembangan Value – Competency – Exposure – Network. Agar peserta dapat mempetakan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan mastery project.
  • Memberikan Inspirasi kepada mentee untuk menyelesaikan mastery project, mengetahui progress pengerjaan mastery project setiap peserta dan membantu memecahkan masalah dalam pelaksanaan mastery project.
  • Pada pertemuan terakhir melakukan Pelantikan Batch orde Insani, memberikan pemahaman terkait pentingnya continuity growth dan Ceremonial Closing batch Orde Insani.

     Secara keselurahan orde insani secara konstan memberikan para peserta pengembangan diri  dan memonitor perkembangan para peserta selama 10 tahun. Pada masa pelatihan juga adanya talkshow inspiratif oleh berbagai kalangan tokoh-tokoh hebat. Setiap pertemuan juga diberikan kesempatan simulasi agar para peserta dapat turut serta mengimplementasikan pemahaman pada saat pembelajaraan.

 

 

Penulis : Rifqi Afisha