The 4th International Conference on Science and Technology, and Interdisciplinary Research (IC-STAR) – Belitung

IC-STAR 2018 adalah forum tahunan terkemuka untuk berbagi dan menyoroti ide-ide orisinal dan baru, kemajuan yang signifikan, status terkini, status saat ini, dan kriteria masa depan pada semua aspek penelitian dan pengembangan di bidang sains, rekayasa, dan subjek interdisipliner. Melanjutkan kegiatan sebelumnya, IC-STAR ke-4 diadakan di Belitung, Indonesia, pada tanggal 29 – 30 Agustus 2018 dan diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Lampung, Indonesia dengan tema “Interdisciplinary Research Enhancement for Industrial Revolution 4.0”. IC-STAR 2018 terbagi menjadi empat simposium, yaitu Engineering and Technology symposium, Tropical Biomass symposium, Life and Applied Sciences symposium, dan Material Science and Chemistry symposium.

Terdapat lima keynote speakers pada konferensi ini, pertama adalah Prof. Irwandi Jaswir dari International Islamic University of Malaysia. Beliau memaparkan karyanya dengan judul TBA. Kedua adalah Prof. David Herak, dari Czech University of Life Science dengan judul Utilization of modern methods in the research of oil seeds processing. Ketiga adalah Prof. Udin Hasanudin dari Universitas Lampung. Beliau memaparkan karyanya yang berjudul Sustainable Biomass Utilization in Palm Oil Industry. Keempat adalah Prof. Sihyun Lee dari Korean Institute of Energy Research. Beliau memaparkan karyanya yang berjudul Production of clean fuel using biomass waste and development of small/medium-scale hybrid distributed energy system. Terakhir adalah Prof. Robert Bestak dari Czech Technical University in Prague dengan judul What can be learned from mobile signaling data. Selain itu, terdapat 82 artikel yang lolos dan 55 artikel yang di publikasikan melalui konferensi ini. Dua diantaranya adalah paper yang disusun oleh mahasiswa semester enam jurusan Teknik Elektro Universitas Al Azhar Indonesia yang bernama Tsaura Dwi Fitriani Aulia dan Indrawan Arifianto.

Paper pertama disusun oleh Tsaura Dwi Fitriani Aulia beserta timnya yaitu Rahmat Alamtaha dan Rifqi Afisha dibawah bimbingan Ibu Dwi Astharini dan Ibu Putri Wulandari. Paper ini berjudul “GUI Design for Comparative Output Signal DFT and DTFT with LabVIEW”. Pada paper ini menjelaskan desain sebuah aplikasi yang dapat melakukan proses transformasi sinyal square dengan fourier transform menggunakan software LabVIEW. Paper kedua disusun oleh Indrawan Arifianto dan Rahmat Alamtaha dibawah bimbingan bapak Ary Syahriar dan ibu Dwi Astharini, dengan judul paper “Graphical Analysis Springs Dampers System on the A Freight Cars”. Pada paper ini membahas tentang bagaimana sebuah pengaruh spring  dan damper pada sebuah sambungan truk gandeng dengan analisis pada kecepatan dan jarak antara gandengan mobil dengan analisa grafik.

Selain diadakannya seminar, IC STAR juga mengadakan social program berupa gala dinner dan field trip untuk seluruh partisipan maupun tamu undangan yang hadir. Gala dinner dilaksanakan di Akaula Cafe Tanjung Pandan pada tanggal 29 Agustus.